Essential Oil yang Aman untuk Anak dan Bayi

Jual essential oil asli, jual minyak esential asli

Ternyata, essential oil berguna bukan hanya untuk kalangan dewasa saja loh, namun anak-anak dan bayi pun bisa menggunakan essential oil dengan aturan pakai yang benar. Salah satu manfaat essential oil  bagi anak-anak adalah untuk meredakan batuk dan flu.

Tetapi, penggunaan essential oil pada anak yang tidak tepat dapat menimbulkan dampak kesehatan yang berbahaya. Inilah mengapa sangat penting bagi orangtua untuk memahami cara menggunakan essential oil yang aman untuk bayi.

Manfaat essential oil untuk anak-anak dan bayi :

Essential oil digunakan secara medis untuk membunuh bakteri, jamur, dan virus. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar virus, jamur, dan bakteri tidak dapat hidup pada essential oil.
Essential oil dapat merangsang regenerasi jaringan atau menstimulasi saraf. Essential oil jenis bahkan dapat memberi oksigen dan membawa nutrisi ke dalam sel.
Essential oil dapat mengeluarkan racun dari tubuh (detoksifikasi).
Aroma essential oil dapat menstimulasi otak yang memungkinkannya berfungsi lebih optimal dan efisien, ataupun meredakan berbagai  gangguan emosional.

Cara pemakaian essential oil pada anak-anak :

1.      Di oles (topically).
Pemakaian essential oil untuk dioleskan ke kulit HARUS selalu diencerkan dengan base oil yang berasal dari tumbuhan seperti olive oil, coconut oil atau almond oil.

2.      Di cium (hirup/diffuse)
Pemakaian essential oil dengan menghirup aromanya bisa menggunakan diffuser atau tungku aromaterapi.

Berikut daftar essential oil yang aman untuk anak-anak dan bayi:

  • Lavender: Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa minyak lavender dapat membantu mengobati rasa sakit pada bayi. Studi lain menyebutkan bahwa minyak ini dapat membantu meringankan sakit perut.
  • Chamomile: Belum ada studi tentang kandungan minyak ini. Tetapi mereka yang sudah menggunakannya mengaku ada manfaat yang menenangkan saat digunakan beberapa tetes dan ditambahkan ke air mandi bayi, atau difuser.
  • Mandarin: Kandungan ini sebagai penyegar mood yang bagus. Coba teteskan beberapa saat ketika bayi Anda bangun untuk mengusir kantuk.
  • Eucalyptus: Ini adalah kandungan essential oil yang ideal untuk meredakan hidung tersumbat. Tambahkan satu atau dua tetes ke bak mandi hangat si kecil lalu aduk-aduk air.
  • Dill: Kandungan yang menenangkan ini membantu mengobati ketidaknyamanan pada pencernaan. Cukup campurkan satu tetes dill oil ke dalam  satu sendok makan base oil, lalu pijatkan pada kulit bayi Anda.

Tips menggunakan essential oil untuk bayi dengan aman

  • Jangan mengoleskan essential oil murni langsung pada kulit bayi. Sebagai gantinya, campurkan dengan base oil dari tumbuhan terlebih dahulu.
  • National Association for Holistic Aromatherapy (NAHA) merekomendasikan dosis essential oil yang aman untuk bayi berkisar  0,5%-2%.
  • Jangan sampai essential oil langsung termakan atau terhirup secara langsung oleh bayi.Marun Aromaterapi menjual essential oil yang aman untuk bayi dan anak-anak.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s