Bahaya Petrolatum dalam Kosmetik Pelembab Kulit

Petroleum jelly, atau petrolatum, adalah produk sampingan dari minyak mentah.Bahan bakar fosil yang membuat mobil Anda berjalan juga ditemukan dalam produk apa pun yang mengandung minyak mineral atau petroleum jelly.

Petroleum jelly  dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Tapi meskipun efek samping ini menjengkelkan, salah satu alasan utama bahwa produsen kosmetik menggunakan petrolatum dalam produknya adalah menciptakan sebuah penghalang yang menakjubkan di atas kulit, yang membantu menjaga kelembabannya. Tapi, karena pelindung ini membungkus seperti plastik yang tersegel, maka kotoran dan bakteri serta keringat dapat terjebak dalam pori-pori, hal inilah kemudian yang menyebabkan jerawat dan iritasi kulit.

Menurut Environmental Working Group, petrolatum ditemukan di satu dari setiap 14 produk kecantikan seperti makeup atau lotion. Dan juga terdapat pada 15 persen dalam lipstik dan 40% dalam lotion bayi juga minyak bayi. Mengapa? Sebab, bahan ini merupakan pengisi yang murah .

Sebuah studi pada tahun 2011 dari sejumlah 142 perempuan ditemukan bukti minyak mineral dan petrolatum dalam sampel jaringan lemak yang diambil dari 100% peserta. Karena tubuh tidak dapat memetabolisme petrolatum, sehingga tidak dapat dicerna, rusak, atau dihilangkan. Yang berarti bahan ini menempel di tubuh Anda selamanya.

Lebih buruk lagi, ada penelitian yang menyatakan bahwa minyak mineral dan petrolatum ini dapat menjadi pengganggu hormon. Gejala gangguan endokrin meliputi berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah kesuburan, berkurangnya gairah seks, penyakit ginjal, dan cacat lahir, untuk itu bahan ini jelas tidak layak untuk pelembut kulit atau lipstik yang melembabkan bibir.

Tapi jika Anda ingin merawat kulit agar tidak kering. Produk kosmetik alami yang mengandung minyak kelapa, shea butter, dan minyak jojoba baik untuk mengatasi hidrasi kulit secara alami. Dan Anda tidak akan mengubah organ internal Anda menjadi licin akibat minyak mentah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s