Bahaya Kosmetik Berbahan Merkuri Bagi Ibu Hamil

Menurut pernyataan badan kesehatan dunia WHO, merkuri merupakan satu dari 10 senyawa kimia yang menduduki peringkat teratas sebagai penyebab masalah kesehatan yang cukup serius. Merkuri atau yang memiliki nama lain raksa dengan simbol kimia hg secara alami terdapat di tanah dan air maupun udara. Merkuri merupakan senyawa logam yang dipergunakan untuk kepentingan industrial, seperti penambangan emas dan juga ada dalam kosmetik. Merkuri berada dialam karena proses alami berkat proses endapan biji logam yang terkonsentrasi kedalam air tanah maupun air permukaan.

Pencemaran Merkuri

Banyak bahan yang sering digunakan dalam keseharian yang dikhawatirkan tercemar adanya logam berat merkuri atau air raksa. Pencemaran logam berat tersebut diketahui menyebabkan dampak yang berbahaya untuk kesehatan bila terus-menerus digunakan. Diantaranya berikut hal-hal yang memiliki kemungkinan tercemar logam berat merkuri:

  1. Kosmetik

Biasanya para ibu yang memiliki warna kulit bermasalah seperti kusam atau berjerawat sehabis melahirkan ingin sekali segera memiliki kulit yang bersih dan bercahaya lalu menggunakan produk kosmetik untuk mencerahkan kulit. Namun sangat disayangkan kosmetik pencerah wajah tersebut banyak mengandung logam berat merkuri atau air raksa. Apalagi produk kosmetik yang menawarkan seminggu perubahan hal tersebut perlu dicurigai. Dalam proses pecerahan wajah merkuri bertindak dengan mencegah pembentukan melanin atau pigmen kulit.

Saat proses pembentukan melanin yang dihambat tersebut, lantas membuat warna kulit terlihat jadi lebih cerah. Pigmen merupakan warna alami pada kulit yang dihasilkan oleh tubuh untuk melindungi dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker. Dalam kosmetik, biasanya digunakan dua jenis merkuri, yakni organik dan nonorganik. Merkuri organik berupa etil merkuri dan garam penil mercuri biasa terkandung di dalam pembersih riasan mata dan maskara. Sementara itu, pada komponen merkuri nonorganik seperti merkuri amoniasi biasa digunakan di dalam sabun dan krim pemutih.

Seperti diketahui bahwa apa pun yang masuk kedalam tubuh ibu hamil akan diesksresikan ke dalam ASI. Dan manfaat ASI untuk bayi yang merupakan asupan utama dan penting. Berikut efek bahaya merkuri untuk ibu menyusui:

Dapat menjadi penyebab janin cacat sejak dalam kandungan saat ibu hamil menggunakan kosmetik pencerah wajah bermerkuri.

Dan juga dapat menganggu perkembangan organ tubuh bayi setelah lahir saat ibu yang menysusui menggunakan atau mengkonsumsi bahan-bahan yang tercemar merkuri.

Merusak sistem saraf dan perkembangan pada otak bayi.

Memengaruhi kinerja otak bayi dalam hal kemampuan secara kognitif.

Menghambat perkembangan keterampilan motorik halus bayi.

Menurunkan kemampuan mengingat, keterampilan spasial visual, dan atensi pada bayi yang ibunya memakai atau terpapar cemaran merkuri.

Sebaiknya kalau memang anda ingin memakai kosmetik, pakailah kosmetik natural atau kosmetik alami yang aman untuk kulit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s