Bahaya Paraben Dalam Kosmetik

Tahu gak sih ternyata kosmetik yang selalu kita beli di pasaran itu banyak yang mengandung bahan berbahaya yakni pengawet paraben.

Apa itu paraben?

Paraben digunakan sebagai pengawet pada produk kosmetik dan farmasi. Paraben membantu mencegah timbulnya jamur dan bakteri sehingga produk tetap awet dan terjaga kualitasnya. Dalam istilah kimia, paraben merupakan ester dari p-hydroxybenzoic acid. Jenis paraben yang paling sering digunakan pada produk kosmetik adalah methylparaben, propylparaben, and butylparaben. Banyak produk perawatan yang mengandung paraben, mulai dari shampoo, sabun, pelembab wajah, body lotion sampai pasta gigi.

Mengapa paraben jadi kandungan bahaya?

Sebuah studi di Inggris menemukan adanya lima jejak paraben di jaringan payudara 19 dari 20 wanita. Meski penelitian tersebut tidak membuktikan bahwa paraben bisa menyebabkan kanker payudara tapi diidentifikasi bahwa paraben mampu masuk ke dalam kulit dan mengendap di dalam jaringan.

Paraben juga dipercaya memicu gangguan fungsi hormon dengan menyerupai estrogen. Seperti diketahui, terlalu banyak estrogen dapat memicu kerusakan sel payudara dan tumor. Hal itu yang menyebabkan paraben selalu dihubungkan dengan kanker payudara dan masalah reproduksi.

Wah, ngeri ya! Kebayang resikonya kalau kita nggak pintar-pintar memilih produk yang aman bagi kesehatan.

Bagaimana cara kita  menghindari bahaya bahan paraben?

Carilah produk berlabel “paraben free“ dan bacalah daftar bahan pada label untuk menghindari produk yang memiliki paraben. Banyak produsen kosmetik alami dan organik telah menemukan alternatif yang efektif untuk mencegah pertumbuhan mikroba dalam produk perawatan tubuh tanpa harus menggunakan paraben. Beberapa perusahaan juga telah menciptakan produk bebas pengawet yang memiliki daya tahan lebih pendek dari produk konvensional, yaitu enam hingga satu tahun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s