Memilih Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sebisa mungkin harus meminimalkan paparan terhadap bahan-bahan kimia demi kesehatan kandungannya, termasuk memilih kosmetik yang tidak mengandung bahan-bahan kimia. Pasalnya kulit akan menyerap 60% dari bahan-bahan kosmetik yang dioleskan ke kulit dan tersimpan dalam jaringan tubuh. Karena itu, pakailah kosmetik ibu hamil yang menggunakan bahan-bahan alami.

Tahukah Anda bahwa kosmetik yang beredar di pasaran disesaki oleh bahan-bahan kimia yang melalui sejumlah penelitian diketahui berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah bahan pengawet paraben yang pada sejumlah penelitian diketahui dapat mengganggu keseimbangan hormon dan sistem endokrin. Bahan kimia yang terserap oleh kulit itu selanjutkan akan tersimpan di dalam jaringan tubuh dan mempengaruhi keseimbangan hormon sehingga diduga dapat memicu kanker. Selain bahan pengawet paraben kosmetik kimia juga mengandung mineral oil yang berasal dari minyak bumi yang dapat menutup pori sehingga menghambat pernapasan kulit dan pengeluaran racun. Ada pula bahan deterjen atau sodium laureath sulfate (SLS) yang diketahui bisa menimbulkan iritasi atau alergi. Itulah sebabnya memakai kosmetik alami merupakan pilihan yang tepat bagi ibu hamil.

Berikut ini sejumlah tips memilih kosmetik untuk ibu hamil yang disarikan dari Majalah Ayah Bunda:

  • Hindari proses peeling atau pengelupasan kulit yang menggunakan bahan kimia karena kandungan bahannya meresap jauh ke dalam kulit.
  • Gunakan kosmetika yang benar-benar dibutuhkan saja, sebab reaksi alergi pada kulit seringkali tidak hanya disebabkan oleh salah satu produk, melainkan kombinasi banyak produk akibat penggunaan berlebihan.
  • Pilih kosmetik tanpa bahan tambahan sintetis atau pengawet dan bebas dari organisme yang diubah gennya secara teknis.
  • Perawatan jerawat yang bebas asam salisilat dan antibiotik masih boleh digunakan.
  • Hindari sinar matahari dan cahaya langsung. Gunakan tabir surya dari bahan alami karena tabir surya konvensional mengandung hormon Benzonphenon-3 yang dikhawatirkan dapat mempengaruhi kadar hormon.
  • Pilihlah deodoran dari bahan-bahan minyak, sebab dapat menghentikan keringat selama 24 jam, namun tidak memiliki efek samping berbahaya. Deodoran klasik biasanya mengandung garam alumunium yang akan tersimpan di dalam jaringan tubuh.
  • Pewarna rambut sebaiknya dihindari pada trimester pertama .
  • Hindari krim atau lotion tubuh yang mengandung minyak mineral, paraben dan bahan pewangi sintetis.

Selebihnya, lebih baik Anda mempertahankan keindahan kulit dengan makan makanan yang bergizi, banyak bergerak di udara segar, dan mandi dengan dua jenis air bergantian hangat dan dingin.

Green Cosmetic Aromatherapy adalah kosmetik alami yang menggunakan 95%-100% bahan alami berkualitas sehingga aman dipakai sebagai kosmetik untuk ibu hamil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s